Kaca Tempered

Mengenal Kaca Tempered

Kaca tempered menurut wikipedia dibuat dari kaca float berkualitas tinggi melalui proses pemanasan thermal di mana kaca akan dipanaskan sampai dengan titik lunaknya kemudian didinginkan secara cepat. Hal ini akan memberikan kaca tempered kekuatan lebih. Kaca temperd mempunyai kekuatan 4 sampai 5 kali lebih baik terhadap benturan, tekanan, maupun perubahan suhu ekstrim dibandingkan kaca biasa dengan ketebalan sama. Kaca tempered juga diklasifikasikan sebagai kaca pengaman dan ketika pecah akan berubah menjadi pecahan-pecahan kecil (sebesar ibu jari tangan) yang tidak tajam, sehingga mengurangi resiko terjadinya cedera serius.
Jadi penjelasan singkatnya kaca tempered adalah kaca yang dipasankan sampai dengan suhu 700c kemudian secara tiba-tiba kaca tempered didinginkan, sehingga membentuk kaca dengan kekuatan dan keseimbangan yang merata pada setiap bagiannya. Proses ini disebut tempering, karena itulah kaca yang telah melalui proses tempering disebut dengan kaca tempered. Proses ini bertujuan untuk menjadikan kaca lebih kuat dan lebih safety.

kaca temperedkaca tempered bending


Lalu Apa Keuntungannya Menggunakan Kaca Tempered:

1. Kaca Tempered Lebih Kuat

Kaca yang telah ditempered memiliki kekuatan 4-5 kali lebih kuat dari kaca polos biasa (non tempered). Karena kekuatannya ini kaca tempered banyak diaplikasikan dalam berbagai fungsi bangunan seperti kanopi, railing tangga, skylight, partisi, pintu dan banyak lagi. Saat ini kita akan banyak sekali menemukan produk dari kaca tempered ini, seperti misalnya pintu gedung perkantoran, toko ataupun mall telah banyak menggunakan kaca tempered. Kanopi, railing tangga, skylight banyak dipilih memakai kaca tempered daripada kaca polos biasa, bahkan untuk lantai dan jembatan telah banyak yang menggunakan kaca tempered sebagai pilihan.

2. Kaca Tempered Lebih Aman

Selain lebih kuat kaca tempered juga jauh lebih aman dari kaca biasa. Jika kaca biasa ketika ecah akan menjadi beling dengan pecahan yang tajam, kaca tempered ketika pecah akan menjadi butiran-butiran seperti kristal yang tidak tajam. karena pertimbangan inilah kaca tempered digunakan pada kaca mobil, bus, truk dan alat transportasi lainnya. Akan berbahaya sekali ketika kendaraan menggunakan kaca biasa sebagai kaca depan dan kaca pintu, karena selain rapuh kaca biasa juga tajam ketika pecah.

3. Kaca Tempered Lebih Awet

Kaca tempered lebih awet dari kaca biasa dikarenakan kekuatannya. Tntunya jika kaca biasa mudah pecah, kaca tempered lebih tahan terhadap benturan dan gesekan juga benda-benda tajam.

Demikian penjelasan dari kami mengenai kaca tempered. Jika anda tertarik dengan produk-produk kaca tempered silahkan hubungi kami atau kunjungi halaman-halaman lain pada website ini.


Best Regards,
R. Mochammad Mochtar